8 Jul 2009

Trading Tak Tentu Arah

Mempercayai suatu sisitem memang tidak ada salahnya kita untuk meyakininya, membuktikannya tentu saja membutuhkan waktu yang tidak sedikit terlebih butuh pengamatan lebih lanjut dari sistem yang kita pakai. Karena berhasilnya sistem yang kita pakai tidak diukur sehari atau 2 hari, seminggu atau 2 minggu bahkan sebulan atau 2 bulan hasil bagus dari sistem tadi. Hasil jelek dari sistem yang kita pakai terkadang membuat kita enggan untuk menggunakannya lagi, padahal hasil jelek tadi baru beberapa kali saja terus kita berpaling dan mencari-cari sistem yang baru lagi. Memang namanya market tidak dapat ditebak kemana arahnya, tetapi dari pengalaman trader yang sudah malang melintang selama bertrading itu dapat dijadikan acuan mereka dalam hal open market dan close market. Trader berpengalaman tau betul saat yang tepat masuk atau keluar market. Untuk mewujudkan hal itu sangat lah sulit, terlebih kita yang baru pemula bertrading valas.

Rekomendasi yang setiap hari datang ke email kita atau kita yang setiap hari hunting mencari-cari rekomendasi dari setiap situs hanya membuat kita semakin bingung, apakah yang ini benar?, apakah yang itu benar?, kemarin dulu aku pakai yang itu meleset, terus kemarin aku pakai yang lain tetapi yang kemarinnya lagi jika td kupakai hasilnya bagus. kita terus saja bergulat dengan diri kita. Mereka yang mengeluarkan rekomendasi tentu saja tidak ada keinginan untuk menyesatkan anda, mereka punya pengamatan sendiri untuk kemudian mempublish statement dari hasil analisa teknikal ataupun fundamental, mau percaya atau tidak orang memakainya tidak begitu menjadi masalah buat mereka, sekalipun mereka sering dihujat sana sini toh tetap saja mereka tidak berhenti memberikan rekomendasi.

Pembaca yang budiman, bukan berarti saya memposting artikel ini saya profesional dalam hal trading, jauh sekali akan hal itu. Tidak ada isitilah profesional atau amatiran dalam bertrading, karena setiap orang mempunyai kesempatan untuk bertrading lebih baik lagi. Dari hal-hal sederhana saja kadang trader cukup puas dengen hasil mereka walau sedikit, mereka tetap konsisten dengan cara yang mereka pakai. Jangan merubah style anda dalam bertrading, yang senang cara scalping yo sah-sah saja anda melakukannya, yang lebih ok cara longterm yo tidak ada salahnya. Jadi cara apapun itu mewakili diri anda. Pemakaian indikator yang familiar dengan anda itu sangat diharapkan.

Sukses selalu.

2 comments:

dafatar said...

enaknya trus gimana ??? tanpa teori, sedikit teori, cukup berteori, atau banyak teori ???? bingung aku.

Anonymous said...

Lakukan saja yg menurut anda baik.